POLRES Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko turun langsung mendengar aspirasi dan keluhan warga Labuan Bajo pada program Jumat Curhat Polres Manggarai Barat.

AKBP Ari tidak sendiri, Ia ditemani Kapolres Nagekeo AKBP Yuhda bertemu warga Kampung Baru, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (22/12) lalu.

Warga Kampung Baru mengeluhkan banyak sampah kiriman laut dan hingga kini belum tertangani dengan serius.

“Sampah yang menggenang dan berserakan di pinggir laut tersebut bukan dari warga sekitar. Tetapi sampah dari laut saat air pasang. Namun, sampah tersebut tidak terbawa kembali saat air surut,” jelas Ruslin selaku Ketua RT setempat, Kepada Kapolres Ari.

Ruslin menambahkan persoalan sampah terutama dari laut menjadi persoalan rutin di Kampung Baru yang menjadi bagian dari dermaga Nusantara proyek Kawasan Strategis Nasional (KSPN).

Menurut Ruslin hingga saat ini belum ada penanganan serius terkait masalah sampah.

“Kami minta agar penanganan sampah di Kampung Baru bisa dibantu, karena disini tidak ada tempat pembuangan sampah (TPS) atau bak kontainer yang disediakan untuk menampung sampah dari masyarakat sebelum diangkut menuju ke tempat pembuangan akhir (TPA),” kata Ruslin.

Ruslin berharap ada solusi penanganan sampah di Kampung Baru mengingat tempat itu sering di kunjungi wisatawan.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko mendengar keluhan warga.

Sulit Mendapatkan Clearance

Selain masalah sampah, Ruslin juga mengeluhkan pengurusan Clearance Pass untuk kapal-kapal kecil baik itu kapal nelayan maupun kapal wisata milik masyarakat pesisir.

Ruslin mengatakan nelayan kesulitan dalam pengurusan Clearance Pass, karena harus memiliki peralatan seperti GPS, suar dan radio.

“Harga barang tersebut terbilang cukup mahal bagi kami. Jadi, kami minta mungkin bisa diberi kebijakan dan kemudahan untuk kapal-kapal kecil milik masyarakat ini,” ujarnya.

Menyikapi keluhan warga, AKBP Ari berjanji akan membahasnya bersama dengan pemangku kepentingan terkait.

“Jadi nanti kami akan mencoba berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai permasalahan sampah tersebut. Terkait Clearance Pass, saya akan bertemu dengan Kepala KSOP Labuan Bajo untuk membahasnya, karena ini menyangkut regulasi atau aturan yang sudah ditetapkan,” janji AKBP Ari.

AKBP Ari juga mengajak warga Kampung Baru dan semua pihak untuk selalu bersama-sama menciptakan kedamaian, dan ketenangan selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 dan menjelang Pemilu 2024.

Editor : Chelz