Kasus Brigadir J, Beni K Harman Tidak Percaya Polisi

77
Anggota Komisi III DPR RI, Beni Kabur Harman/Foto. Istimewa

JAKARTA, insideflores.id-Anggota Komisi III DPR RI, Beni Kabur Harman menuding pihak kepolisian kerap kali menyampaikan informasi yang sifatnya belum dapat dipastikan kebenarannya. Menurut Harman, hal ini justru membuat kepercayaan publik menurun terhadap Polri.  Karena itu, Anggota DPR RI dari Partai Demokrat itu enggan mempercayai Kepolisian.

Hal itu ditegaskan Harman terkait kasus pembunuhan yang menewaskan Brigadir Yoshua alias Brigadir J. dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR RI dengan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/9).

Pada kesempatan tersebut Harman juga mengusul agar Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jendral Listyo Sigit Prabowo diberhentikan sementara dari jabatannya.

Baca Juga : Ditetapkan Jadi Tersangka, Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini, masyarakat sudah dibohongi sehingga banyak yang sudah tidak percaya dengan lembaga yang dipimpin Jenderal Listyo Sigit tersebut.

Menurut Harman masyarakat sudah kecewa dengan kebohongan yang disampaikan Polri mengenai kasus kematian Brigadir J. “Kita enggak percaya polisi. Polisi kasih keterangan publik. Publik ditipu juga kita kan. Kita tanggapi ternyata salah jadi publik dibohongi oleh polisi,” tutup Harman di depan Ketua Kompolnas Mahfud MD

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan usulan Benny K Harman tersebut sarat emosional dan subjektif. “Pernyataan Benny K Harman menurut saya emosional dan subjektif, karena hanya Benny saja yang hari ini bicara seperti tadi,” kata Ali di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (22/8/2022).

Ali menegaskan semua orang harus membuka matanya melihat sikap Kapolri dalam penanganan kasus ini. Dengan ketegasan Kapolri, kata dia, kasus penembakan di rumah Irjen Ferdy Sambo bisa diusut dengan tuntas.

Ali mengaku pihaknya mengapresiasi langkah kepolisian serta mendukung Kapolri menyelesaikan kasus tersebut. “Saya dari NasDem mengapresiasi apa yang menjadi langkah Kapolri dan mendukung Pak Kapolri, Pak Sigit untuk meyelesaikan semua permasalahan yang terjadi hari ini,” ungkapnya.