INSIDEFLORES- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Krispianus Bheda mengatakan logistik pemilihan umum (Pemilu) dipastikan telah terdistribusi ke 900 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 12 kecamatan di daerah itu.

“Puji Tuhan perihal pendistribusian logistik pemilu, semuanya sudah rampung sampai ke tempat pemungutan suara sesuai target,” katanya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Selasa, (13/2/2024).

Dia menjelaskan distribusi logistik telah dilakukan sejak Senin (12/2/2024) menggunakan sebanyak 10 motor laut untuk TPS di kepulauan dan 90 truk untuk distribusi di wilayah daratan.

“Beberapa kendala ditemukan di lapangan saat¬† pendistribusian logistik pemilu 2024 di antaranya jangkauan medan menuju TPS yang harus dillalui dengan jalan kaki,” katanya.

Dia menjelaskan pendistribusian logistik pemilu dilaksanakan memprioritaskan wilayah Kecamatan terjauh, yakni secara berturut-turut Kecamatan Ndoso, Macang Pacar, Pacar, Kuwus Barat, Kuwus, Welak, Lembor Selatan, Lembor, Sano Nggoang, Mbeliling, Boleng dan Komodo.

Terpisah Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Nggilat, Kecamatan Macang Pacar Benediktus Widyanto Nuuh (38) mengatakan distribusi logistik di dua TPS di desa itu telah selesai dilakukan.

Menurut dia kondisi geografis desa dinilai terisolir dan hujan mengakibatkan distribusi logistik Pemilu harus dipikul petugas.

“Ada satu TPS di dekat kantor desa, tapi satu TPS lagi yaitu TPS 04 harus lewat sungai, sehingga teman-teman KPPS pikul logistik lewat sungai yang sementara banjir. Sungai itu panjang 10 meter dengan kedalaman 1.5 meter, kalau kemarin tidak bisa karena banjir lebih besar,” katanya.

Namun demikian, dia memastikan bahwa kondisi logistik Pemilu dalam keadaan baik untuk digunakan saat pencoblosan surat suara.

“Untuk logistik Pemilu kami jamin aman berkat kerja keras semua pihak,” katanya.**

 

Editor : Chellz