INSIDEFLORES.ID- Pemerintah menjamin jamin keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang menghabiskan libur lebaran ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

” Labuan Bajo sendiri sejauh ini bukan menjadi destinasi yang dituju mudik Lebaran, melainkan untuk para wisatawan yang tidak merayakan Lebaran, namun mengambil cuti bersamaan dengan perayaan Lebaran” Kata Plt. Dirut Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Frans Teguh.

Ia menambahkan pihak otoritas akan mendidirkan Posko Libur Lebaran yang berada pada beberapa titik lokasi di Labuan Bajo.

Posko Lebaran Tahun 2024 berada pada 3 titik lokasi yaitu Ruang Kedatangan Bandara Komodo yang bertugas mengupdate data jumlah penumpang.

Kemudian ada Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo yang bertugas untuk mengupdate data jumlah penumpang dan Kapal yang berlayar di Labuan Bajo dan Terminal Multipurpose Wae Kelambu – Pelindo yang mendata jumlah kapal logistik selama libur lebaran.

Pada titik-titik posko ini juga disediakan update harian tentang informasi terkait cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Konektivitas transportasi udara Manggarai Barat hingga H-3 perayaan Lebaran, data lalu lintas udara di Bandara Internasional Komodo telah mencatat jumlah penumpang H-7 hingga H-3 sebanyak 13.769 penumpang atau mengalami peningkatan sebanyak 29% dari jumlah tahun sebelumnya dengan 14 aktivitas penerbangan perhari digawangi 6 maskapai nasional, yaitu Garuda, Citilink, Lion Air, Batik Air, Air Asia, dan Wings Air.

Data penumpang perhari di tanggal 7 April sendiri tercatat sebanyak 3.494 pergerakan penumpang.

Selama berlibur di Labuan Bajo, para wisatawan juga dapat menikmati aktivitas layanan Damri untuk memudahkan mobilitas dari Bandara Komodo Labuan Bajo ke beberapa titik lokasi dalam kota Labuan Bajo, antara lain Kampung Ujung – Halte Simpang Pede – Halte Smak Loyola (pulang pergi).

Sementara itu, Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) akan menyediakan beberapa Posko Pelayanan Wisata yang berada di dalam Kawasan Taman Nasional Komodo, yaitu Pelayanan Wisata di Loh Liang dan Kampung Komodo, Loh Buaya Pulau Rinca dan Kampung Rinca, Pulau Padar Selatan, serta Pulau Gililawa Darat.

Peningkatan aktivitas pelayanan dalam Kawasan TNK dilakukan mengingat sejak tahun-tahun sebelumnya kunjungan wisatawan bertambah saat musim libur Lebaran, sementara kawasan pulau dan kondisi medan treking membutuhkan kesiagaan petugas untuk memitigasi kondisi darurat pada wisatawan.

Pihak Telkomsel Manggarai Barat juga turut berkolaborasi menjamin terpenuhinya kapasitas jaringan memadai melalui penguatan jaringan di beberapa titik lokasi pelosok dan terjauh yang masih belum terjangkau jaringan komunikasi seperti di kawasan perairan dan kepulauan di TNK.

Kesiagaan layanan selama Libur Lebaran juga dilakukan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF).

BPOBF telah membentuk Tim Kerja Libur Lebaran dab akan melakukan integrasi Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional (SISPARNAS) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Data-data selama sepekan Libur Lebaran mulai dari data kunjungan dan pergerakan wisatawan, aktivitas pelayaran, tingkat okupansi pengunjung, aksesibilitas, amenitas, daya tarik wisata, manajemen krisis, dan data lainnya dapat secara langsung dipantau para wisatawan di seluruh wilayah di Indonesia termasuk Labuan Bajo.***

 

Editor : Chellz