LABUAN BAJO, INSIDEFLORES
Sejak diluncurkannya Aplikasi Inisa pada 29 Juli 2022 lalu, sebagian wisatawan dan puluhan travel Agent sudah bergabung dan menggunakan platform digital tersebut.

“Sejauh ini ada 4 Wisatawan Manca Negara yaitu dari negara Timor Leste Sudah memesan member melalui aplikasi INISA dan 15 sampai 20 Travel Agent dan Tour Operator telah bergabung,” ucap Direktur Operasional PT Flobamor Abner Esau Runpah Ataupah kepada media Sabtu (25/9/2022).

Rumpah memastikan, jumlah tersebut alan bertambah seiring berjalannya waktu. Aplikasi INISA sendiri merupakan platform digital sistem Wildlife Komodo, sebagai wadah untuk memberikan kontribusi konservasi terhadap Pulau Komodo, Pulau Padar dan perairan sekitarnya.

BACA JUGA: Aplikasi INISA Menjamin Pelayanan Sistem Wildlife Komodo di TNK

Pengunaan aplikasi ini merupakan program penguatan fungsi sistem Wildlife Komodo, hasil kerja sama antara Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama Balai Taman Nasional Komodo (BTNK).

Untuk itu, destinasi wisata Pulau Komodo, Pulau Padar dan perairan sekitarnya di Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) dikelola oleh PT Flobamor.

“PT Flobamor merupakan BUMD milik Pemprov NTT yang bekerja sama dengan Balai TNK untuk mengelola ketiga kawasan tersebut,” ucap Rumpah.

Karena itu lanjutnya, setiap wisatawan yang datang dan berkunjung diharuskan membeli member Paket kontribusi konservasi Wildlife Komodo sebesar 15 Juta per empat orang per tahun.

BACA JUGA: Profil Singkat PT Flobamor Yang Akan Mengelola Kawasan TNK

Untuk itu, ke empat wisatawan dan puluhan Travel Agent (TA) dan Tour Operator (TO), sudh memesan member melalui aplikasi INISA.

“Untuk jasa Travel Agent nantinya nantinya akan ditentukan oleh wisatawan sendiri, namun Travel Agent yang sudah bermitra dengan PT Flobamor dan telah mendaftarkan diri di Aplikasi INISA,” tuturnya lanjut.

Untuk itu, saat kedatangan tamu pertama Wildlife Komodo, PT. Flobamor tidak ikut campur urusan bisnis Travel Agen dan tamu tersebut.

BACA JUGA: PT Flobamor Bekerjasama BTNK Kelola Pariwisata Taman Nasional Komodo

“Jadi bookingan paket wisata tetap menjadi domainnya Travel Agen. Untuk souvenir pun diambil dari Desa Komodo seperti patung Komodo dan kain adat,” jelasnya.

Karena itu, PT. Flobamor kata Runpah, sangat berterima kasih terhadap pengunjung yang sudah memberikan kontribusi bagi konservasi di kawasan TNK.

Pihaknya berjanji, akan mengupayakan pelayanan prima sesuai dengan SOP dan Bisnis plan program kontribusi Wildlife Komodo. (Milano**)